Senin, 21 April 2008

Profil figur PDK

Ryaas Rasyid akan Deklarasikan Partai Demokrasi Kebangsaan

ryaas rasyidSurabaya, 17 Juli 2002 17:24
Mantan Dirjen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah (PUOD) Prof Dr Ryaas Rasyid menurut rencana akan mendeklarasikan partai politik (parpol) baru di Jakarta pada 28 Juli mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ryaas Rasyid kepada wartawan usai menjadi pembicara pada seminar nasional Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di Era Otonomi Daerah yang diselenggarakan Perhimpunan Masyarakat Madani (PMM) Jatim di Surabaya, Rabu.

"Partai yang akan dideklarasikan nanti bernama Partai Demokrasi Kebangsaan," kata mantan Rektor Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta itu.

Menurut Ryaas Rasyid, partai yang digagasnya akan lebih berorientasi pada pembentukan kader kepemimpinan dan pemberdayaan sistem demokrasi yang lebih memihak pada kepentingan rakyat.

Sejauh ini, lanjut dia, dari sekian parpol yang ada di Indonesia, belum satupun yang mempedulikan kepentingan rakyat dan pembinaan kader untuk menunjang kepemimpinan bangsa di masa mendatang.

"Karena itu, sampai saat ini saya tidak tertarik untuk bergabung dengan parpol manapun sampai akhirnya mendirikan parpol sendiri," tambahnya.

Mengenai orang-orang yang akan duduk dalam kepengurusan parpolnya, Ryaas Rasyid yang juga salah satu konseptor UU Otonomi Daerah tidak menyebutkan secara rinci, namun yang pasti mereka merupakan "pemain-pemain" baru di bidang keparpolan.

Menurut informasi, pakar politik Dr Andi Malarangeng disebut-sebut sebagai salah satu penggagas lahirnya parpol tersebut.

"Semuanya pemain baru, termasuk kemungkinan masuknya purnawirawan TNI, sampai saat ini masih terus diseleksi," katanya.

Ia juga tidak menjelaskan secara rinci target yang akan dicapai parpolnya dalam pemilihan umum (Pemilu) 2004 mendatang. "Yang jelas, kami ingin memberi wacana baru bagi masyarakat dalam era demokrasi saat ini," katanya

Tidak ada komentar: