Senin, 15 September 2008

KPH Anglingkusumo Siap Bersaing dengan Sultan

KPH Anglingkusumo Siap Bersaing dengan Sultan PDF Print E-mail
Written by Administrator
Wednesday, 07 July 2004

PENGARUH para kerabat keraton di Jawa ternyata masih menarik bagi partai-partai politik. Selain Sri Sultan Hamengku Buwono X yang lebih dulu bergabung dengan Partai Golkar, kini menyusul KPH Anglingkusumo yang memilih bergabung dengan Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK) pimpinan Ryaas Rasyid.

Saudara tiri Wakil Gubernur DI Jogjakarta Paku Alam IX itu pun langsung dipercaya menduduki salah satu posisi ketua di partai pemilik empat kursi di DPR tersebut. "Ada sejumlah pertimbangan saya memilih partai ini," ujar Anglingkusumo di Jakarta Sabtu lalu (5/7).

Dia mengungkapkan, selain sudah pasti bisa ikut pemilu, PDK juga dimotori beberapa tokoh yang sepemikiran dengan dirinya. Terutama, kata Anglingkusumo, semangat pemikiran Ryaas Rasyid yang merupakan pakar otonomi daerah. "Tapi, sebenarnya juga ada pertimbangan lain yang lebih merujuk pada petunjuk batin," ujar kepala Museum Puro Pakualaman tersebut.

Anglingkusumo mengaku, mendapatkan mimpi sesaat sebelum menerima lamaran PDK. "Memang sulit dinalar, tapi saya benar-benar mimpi diajak terbang naik pesawat anak saya (menantu, Red) yang lebih dulu bergabung di sana," katanya sambil tersenyum.

Padahal, lanjut dia, beberapa partai lain juga memberikan tawaran yang sama. Antara lain, Partai Hanura pimpinan Wiranto dan Partai Karya Peduli Bangsa pimpinan R Hartono. "Tapi, saya sudah mantap di sini, bahkan siap bersaing dengan Sultan dalam Pemilu 2009," ujar alumnus Teknik Sipil UGM itu. (dyn/nw)

Tidak ada komentar: